Download Aplikasi Virtual

Jalan jalan bertemu vampir
Pulangnya dijemput Ratu
Terimakasih yang sudah mampir
Assalamu'alaikum Wr Wb

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, virtual berarti (secara) nyata, sedangkan akhiran –isasi menyatakan makna melakukan, proses, usaha, atau kegiatan. Berarti virtualisasi adalah proses menyatakan atau membuat sesuatu menjadi nyata. Sedangkan dalam ilmu komputer, virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk simulasi dari sesuatu yang asalnya bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat penyimpanan data atau sumber daya jaringan. 

Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.”

Dalam ilmu komputer, Ada dua jenis virtualisasi yaitu virtualisasi penuh dan virtualisasi paruh. Virtualisasi penuh maksudnya mensimulasikan secara lengkap hal-hal yang mendasari suatu perangkat, sedangkan virtualisasi paruh hanya mensimulasikan beberapa hal dari perangkat tersebut. Virtualisasi paruh lebih mudah dijalankan daripaada virtualisasi penuh, akan tetapi virtualisasi paruh
memiliki kekurangan dalam hal compatibility/kesesuaian. 

Ada beberapa macam software pengelola mesin virtual, tapi disini saya akan menjelaskan 2 saja yang sudah saya coba kualitasnya, yaitu sebagai berikut :

A. Virtual Box (Windows, Mac, Linux)


VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh [Sun Microsystems]. Selain mudah dalam penggunaannya software ini juga gratis, sehingga banyak yang menggunakannya. Kelebihan Virtual Box antara lain :
  1. Menawarkan built-in GUI berdasarkan Wizard untuk mengkloning sebuah VM,
  2. Menawarkan built-in VM snapshot, dan mendukung snapshot secara ganda,
  3. Mendukung  berbagai penggambaran image disk (contohnya di, vmdk, vhd, hdd, qed, dan qcow),
  4. Mendukung virtual monitor ganda bagi guest dari VM,
  5. Dapat diinstall sistem operasi OS X, Windows 7, Windows 2008 Server, Solaris, OpenSolaris, FreeBSD,
  6. Upgrade versi minor yang ada lebih sering dilakukan,
  7. Tampilan Built in-command line yang lebih komprehensif, untuk membuat dan menjalankan VM. (contohnya VboxManage).
Adapun kekurangan Virtual Box :
  1. Selain kekurangan yang sudah disebutkan jika anda menggunakan VirtualBox terdapat juga kekurangan dalam hal keamanannya. Ketika anda membuka channel komunikasi, jika sambungan yang ada tidak aman pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan akses tersebut. Pada situasi tertentu penggunaan sebuah virtual machine untuk memuat sistem operasi atau aplikasi yang tidak terpercaya. Tambahan guest dapat memberikan masalah yang baru dikarenakan munculnya resiko-resiko negatif yang dapat terjadi.
  2. Terdapat lebih banyak kode didalam pemuat keamanannya, begitu pula resiko terjadinya bugs yang dapat memasukkan kode baru ke dalam virtual machine yang tentunya dapat mempengaruhi kinerja hostnya.
  3. Fitur tambahan yang tersedia mungkin dapat meningkatkan efisiensi penggunaan dari VirtualBox, akan tetapi hal ini dapat membuat data – data yang ada didalamnya juga rentan untuk disalahgunakan. Contohnya sebuah aplikasi di Virtual Machine dapat mengintip maupun mengkopi semua konten clipboard pada hostnya.
  4. NAT dari guest VM terisolasi dari yang lainnya, dan tidak dapat berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya.
  5. Bridged Networking atau host-only networking dibutuhkan jika VM guest butuh berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya pada jaringan layer 2.
  6. Tidak medukung bantuan virtualisasi nest hardware.
  7. Tidak mendukung penggunaan jenis USB 3.0

DOWNLOAD

Zippyshare : DOWNLOAD
Media Fire : DOWNLOAD
Google Drive : DOWNLOAD

Password : reffanm.blogspot.com



B. VMware Workstation (Windows, Linux)

Dirilis sejak tahun 1999, versi basic-nya gratis sedangkan versi premiumnya berbayar. Adapun kelebihan VMware, antara lain :


  1. Mudah digunakan, pengaturan di software ini sangat simpel dan mudah dipahami
  2. Fitur unity-nya luar biasa
  3. Pada saat pengujian, tidak perlu melakukan restart pada PC / Laptop untuk beralih sistem operasi (dual boot) atau berpindah komputer
Adapun kekurangan VMware, antara lain :
  1. Berat, dan lebih lambat daripada Virtual Box
  2. Terlalu simpel
  3. Tidak open source, komunitas Linux sanagat bergantung pada VMware. Ini menyebabkan bug yang muncul, tidak bisa dengan cepat di tangani

DOWNLOAD

Zippyshare : DOWNLOAD
Media Fire : DOWNLOAD
Google Drive : DOWNLOAD

Password : reffanm.blogspot.com


Sekian dari saya, apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan,

Wabilahittaufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Jika ada link yang error, tolong beritahukan melalui kolom komentar ya :)

Posting Komentar

0 Komentar