Cara Mendapatkan Internet Melalui Routerboard Mikrotik



Oke gaes, kembali lagi di blog kesenangan klean semua, yang insya Allah ada manfaatnya. Aamiin
Sebelumnya Assalamualaikum Wr Wb

Pergi ke pasar membeli buah pir
Jangan lupa pake sunblok
Terimakasih yang sudah mampir
Welcome to My Blog

Oke di artikel saya kali ini, seperti judulnya, saya akan membagikan cara mendapatkan internet melalui routerboard mikrotik. Sebelumnya, apa sih Internet itu? Ada sebagian ahli IT yang mengatakan kalau internet itu adalah jaringan yang terbentuk dari router router yang saling terhubung. Makanya pada saat listrik padam atau mati listrik, kadang pada saat kita browsing, main game online, atau chattingan akan terjadinya lag. Itu disebabkan router yang menyalurkan jaringan mati atau disconnect tetapi ada beberapa provider yang sudah melakukan antisipasi ketika masalah tersebut datang atau terjadi. Kalau ngomongin internet memang tidak ada abisnya, jadi langsung saja ya kita bahas cara mendapatkan internet melalui routerboard mikrotik.

Oke, sebelumnya ada 2 cara atau metode untuk melakukan ini, yaitu dengan metode Wireless dan juga metode kabel, disini saya akan memberikan cara dari kedua metode tersebut. Yang pertama yang harus dilakukan ada menyiapkan bahan bahan untuk melakukan hal ini, yaitu sebagai berikut :

1. Siapkan Internet atau kuota yang cukup, bebas mau dari provider mana saja.
2. Siapkan Routerboard Mikrotik (dilengkapi fitur Wireless).
3. Siapkan Laptop atau PC.
4. Siapkan software Winbox, sebenarnya bisa memakai browser tapi alangkah lebih mudahnya kita menggunakan software winbox, jika belum memilikinya bisa download disini.

Oke, itulah bahan bahan yang sekiranya harus disiapkan untuk melakukan percobaan ini. Jika sudah memiliki semua bahan bahannya, mari kita lakukan uji cobanya, cekidot :

Oke gaes, yang pertama ini saya akan memberikan cara melalui metode kabel, yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan Routerboard sudah menyala, colok kabel UTP yang sudah di krimping ke port 1 (port default untuk ISP atau Internet).

2. Jika sudah, buka aplikasi Winboxnya, dan lakukan scan terhadap perangkatnya, kalian tinggal meng klik tombol refresh pada winbox, untuk melakukan scan, seperti gambar dibawah ini :


3. Jika perangkat kalian terpasang user dan password, kalian masukkan user dan password sesuai dengan yang terpasang di perangkat. Jika tidak memilikinya, user defaultnya adalah admin dan passwordnya kosong alias tidak usah diisi, lalu klik connect.

4. Nah jika sudah, nanti kalian akan masuk ke halaman pertama winbox jika sudah berhasil login. Seperti contoh gambar dibawah ini : 


5. Sebelumnya, jika ada sebuah perangkat yang sudah menyebarkan ip ( metode DHCP Server ) perangkat mikrotik tidak bisa langsung menangkap IP tersebut secara instant, jadi mikrotik harus melalui cara penangkapan IP nya yaitu dengan cara DHCP Client. Fitur ini memungkinkan mikrotik untuk bisa mendapatkan IP yang sudah disebar sebelumnya. Oke, caranya kalian masuk ke fitur DHCP Client, dengan cara pilih sub IP > pilih fitur DHCP Client. jika sudah, kalian akan masuk ke menu tersebut seperti gambar dibawah ini :


6. Selanjutnya, kalian pilih tanda + pada fitur ini, nah di menu Interfaces arahkan ke port yang terhubung ke laptop atau PC anda, yang sudah saya himbau sebelumnya, usahakan port terhubung di port 1 ( port default ISP atau Internet ). Nah, jika sudah diarahkan ke port 1 atau ethernet 1, lalu kalian klik Apply > lalu pilih OK. Jika sudah, tunggu hasilnya, dan jika berhasil maka statusnya adalah bound, seperti gambar dibawah ini :



7. Jika di cara no 6, statusnya belum Bound berarti ada beberapa kemungkinan :
a. Kuota anda habis atau jaringannya memang sedang tidak bagus (lag).
b. Kabel kalian belum sepenuhnya terhubung (longgar).
c. Kabel tidak connect (rusak). 

8. Jika tidak ada kendala, lalu kalian masuk ke fitur DNS, yaitu di sub IP > DNS. Tujuannya adalah mengecek apakah DNS yang diberikan oleh server sudah dapat atau masih belum, seperti gambar dibawah ini :


9. Jika di cara no 8, belum mendapatkan IP berarti ada beberapa kemungkinan :
a. Kuota internet habis, atau tidak menyala
b. Konfigurasi DHCP dari Server bermasalah
c. Status di cara no 6, masih belum Bound

10. Jika tidak ada kendala, selanjutnya adalah kalian menguji coba apakah sudah dapat atau belum internetnya, yaitu dengan cara melakukan komunikasi ( Ping ) kepada google.com, seperti gambar dibawah ini :



11. Pada cara no 10, banyak yang sering terjadi yang namanya troubleshoot, yaitu :
a. Jika statusnya adalah RTO ( Request Time Out ) maka :
- Kuota anda habis, atau tidak menyala atau lag
- Pada cara no 6, status belum Bound
- Belum mendapatkan DNS

b. Jika statusnya adalah DHU ( Destination Unreachable ) maka :
- Kabel belum connect pada port routerboard atau pada pc / laptop
- Tidak ada konfigurasi

Oke gaes, begitulah cara mendapatkan internet melalui routerboard mikrotik, dengan metode kabel, selanjutnya saya akan memberikan cara dengan metode wireless, okee cekidot gaes :

1. Oke gaes, yang pertama adalah kalian masuk kedalam fitur Wireless, yang ada di winbox, biasanya wlan nya dalam keadaan mati atau off, yang harus kita lakukan adalah menghidupkannya terlebih dahulu, yaitu dengan klik ikon ceklis pada fitur tersebut, yaitu seperti gambar dibawah ini :


2. Selanjutnya adalah pastikan wireless yang akan kita connect itu memiliki password atau tidak, jika memiliki password kalian ikuti langkah berikut ini, jika tidak, kalian bisa men skip sampai cara no . Oke selanjutnya kalian masuk ke tab Security Profiles, di tab ini fungsinya adalah untuk membuat password, karena wireless yang akan kita connect ada passwordnya maka kita harus menambahkannya terlebih dahulu, dengan cara masuk ke tab Security Profile lalu klik ikon +, ceklis semua kolom, WPA dan TKIP, WPA sendiri itu adalah Wireless Protect Access yang fungsinya adalah men encript password wireless, sedangkan TKIP adalah Temporal Key Integrity Protocol, tkip adalah protokol dari WPA. Seperti gambar dibawah ini :


3. Jika sudah, selanjutnya adalah kita melakukan scan terhadap Wireless, dengan tujuan kita akan mengambil internetnya, yaitu dengan cara pilih tab Wifi Interfaces, pilih wlan 1, lalu klik tab scan..., lalu pilih start untuk memulai scan, cari SSID atau nama wireless yang akan kita connect, lalu pilih connect, seperti gambar dibawah ini :



4. Jika sudah, lalu arahkan Security Profiles sesuai dengan nama yang kalian berikan sebelumnya, seperti contoh saya tadi memberikan name Profile1 jadi saya arahkan kesitu, jika sudah lalu pilih Apply dan OK, tunggu statusnya sampai R yang artinya Run.

5. Lalu, lakukan cara yang sama seperti metode kabel, dari cara no 5, hingga selesai.

Oke gaes, segitu dulu artikel tutorial blog saya kali ini, nantikan artikel artikel selanjutnya, yang insya Allah bakalan nambah wawasan kalian, jika ada yang masih belum paham bisa comment aja dibawah, nanti akan saya bantu jawab, jangan lupa share juga ketemen temen kalian ya

Wassalamualaikum Wr Wb

Posting Komentar

0 Komentar